Rencana Pengembangan BLPB/J

Anda di sini

RENCANA PENGEMBANGAN

BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA

(BPBJ)

 

A. JANGKA PENDEK (Tahun 2017)

  • Penyusunan IT (website dan aplikasi) untuk pemilihan penyedia barang/jasa dalam rangka pelayanan kepada OPD (Pelaporan hasil Pelelangan dan Pengarsipan) dan untuk penyusunan Dokumen Pemilihan-Evaluasi Penawaran-Berita Acara pelelangan  dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda sehingga lebih efisien, cepat, akurat, transparan dan akuntabel sesuai SOP yang berlaku;
  • Pengarsipan dokumen dilingkungan BPB/J, baik dokumen hasil pelelangan (pemilihan penyedia barang/jasa) maupun dokumen lainnya lebih rapi, mudah dicari dan teratur dengan bentuk hardcopy dan softcopy;
  • Pendampingan Penyusunan dan Kaji Ulang RUP (Rencana Umum Pengadaan) pada OPD;
  • Membantu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyusun :
  1. Spesifikasi Teknis
  2. Kerangka Acuan Kerja (KAK)
  3. Harga Perhitungan Sendiri (HPS) + E-Katalog Lokal
  4. Rancangan Kontrak
  • Konsultasi dan Pembinaan PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda;
  • Membantu dan Pendampingan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Samarinda berkaitan dengan PBJ
  • Pendampingan dalam Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi (RAN PPK);
  • Sosialisasi aturan dan kebijakan PBJ dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda;
  • Menyusun SOP berkaitan pelayanan PBJ baik layanan internal maupun eksternal;
  • Mengembangkan kelembagaan BPBJ menjadi Level-3 (sesuai standar LKPP)

 

B. JANGKA MENENGAH (Tahun 2018-2019)

  • Penyusunan IT (aplikasi) untuk :
  1. Perencanaan PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) dalam rangka pelayanan kepada SKPD (menyusun spek teknis, HPS, rancangan kontrak, KAK, konsultasi PBJ) dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda sehingga lebih efisien, cepat, akurat,  transparan dan akuntabel sesuai SOP yang berlaku;
  2. Lanjutan pemilihan penyedia barang/jasa dalam rangka pelayanan kepada OPD (RPP/Rencana Pelaksanaan Pengadaan, Serah terima berkas hasil pelelangan dan pelaporan hasil pelelangan serta pengarsipan)
  3. Lanjutan penyusunan Dokumen Pemilihan-Evaluasi Penawaran-Berita Acara pelelangan
  • Penyusunan IT (website dan aplikasi) untuk Pelaksanaan PBJ (Pengadaan Barang/Jasa) dalam rangka pelayanan kepada OPD (Monitoring pekerjaan dilapangan bersama OPD/TEPRA untuk pekerjaan yang telah dilelang, kemudian dilakukan evaluasi pada pekerjaan berikutnya) dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda sehingga lebih efisien, cepat, akurat, transparan dan akuntabel sesuai SOP yang berlaku
  • Pembinaan Kegiatan PBJ di lingkungan Kelurahan, Kecamatan, Bagian dan  Badan/Dinas dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda
  • Sosialisasi aturan dan kebijakan PBJ dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda Lanjutan
  • Pembinaan Personil Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (Jabatan fungsional Tertentu dan Jabatan Fungsional Umum)
  • Monitoring pekerjaan dilapangan bersama OPD/TEPRA untuk pekerjaan yang telah dilelang, kemudian dilakukan evaluasi pada pekerjaan berikutnya
  • Forum group Discussion (FGD) untuk membahas permasalahan pelaksanaan PBJ di SKPD secara khusus dan Pemerintah Kota secara umum serta mencari solusinya
  • Pendampingan terhadap manajemen kontrak OPD
  • Mengembangkan kelembagaan BPBJ menjadi Level-2 (sesuai standar LKPP)

 

C. JANGKA PANJANG (Tahun 2020-2021)

  • Pengembangan IT (website dan aplikasi) untuk perencanaan PBJ, pemilihan penyedia barang/jasa dan pelaksanaan PBJ menyesuaikan perkembangan dan kondisi terkini;
  • Menyusun Peraturan Walikota berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda;
  • Mengembangkan kelembagaan BLBJ menjadi Level-1 (sesuai standar LKPP)

 

 

Ttd,

Tim

Bagian Pengadaan Barang/Jasa

 

Sejarah

Berjalannya Bagian Pengadaan Barang/Jasa dimulai sejak Akhir Februari 2017 setelah pejabat strukturalnya dilantik oleh Walikota Samarinda yaitu Kepala Bagian (Kabag) dan 3 (tiga) Kepala Sub Bagian (Kasubag) yaitu Kasubag Kesekretariatan, Kasubag Pengadaan Jasa Konsultansi dan Jasa Lainnya serta Kasubag Pengadaan Barang dan Konstruksi.

 

Kontak

  • BPB/J Kota Samarinda,Balaikota Lat.2
    Jl. Kesuma Bangsa No.82 - Samarinda
  • ULP 081250221187, LPSE 081250221178

Pengunjung

  • Total Kunjungan: 14954
  • IP anda: 54.198.108.19